Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wapbuilder dan Blogbuilder Menurut Saya (Budi)


Dulu... Saya paling suka dengan wapbuilder maupun blogbuilder. Istilah wapbuilder atau blogbuilder saya hanya ikut-ikutan saja dalam menyebutnya.

Mengapa dulu saya suka? Karna wapbuilder mempunyai fitur yang lebih luas dan banyak hal. Mungkin yang pernah bikin wap di wapka, xtgem, wen.ru dan blog di MWB dan sejenisnya pasti tau. Bahkan di wapbuilder tersebut kita bisa membuat wap dengan berbagai macsm jenisnya. Bisa bikin wap download, wap forum, wap sosial media, bloglist, wap top list, wap chat, bahkan bisa bikin sosmed mirip facebook , mirip bbm, sekaligus kita yang menjadi bos adminnya.

Saya sendiri dulu pernah bikin wap download tapi di beli oleh teman hanya seharga setengah juta. Berhubung isinya baru sedikit. Lalu saya bikin wap forum di wapka juga dengan jumlah user yang mendaftar sekitar 16.000 user. Juga bikin wap menu wapmaster di xtgem dengan dapat pagerank 2 dari google.

Wap dan blogbuilder menurut saya


Semenjak terhentinya / tertutupnya wap/blogbuider seperti IWB, Mywapblog, Wapka dan Wen.ru , membuat saya trauma dan tidak lagi mendaftar bikin wap maupun blog di wap/blogbuilder lagi meskipun ada penggantinya yang baru. Bahkan meskipun xtgem sampai saat ini masih aktif. Saya fikir layanan wap/blog seperti itu tidak akan bertahan lama. Aku merasa sia-sia kreasiku selama itu kalau akhirnya layananya di tutup. Cukup saya jadikan pengalaman dari wapbuilder maupun blogbuilder dulu yang sudah terkenal saja bisa tutup, Apalagi yang lokalan.

Entah apa sebabnya mereka harus menutup layananya? Apakah mungkin karena dari wapbuilder tersebut bebas berbagi file-file yang mungkin ada hak ciptanya lalu ada yang menggugatnya? Karena di wapbuilder memang bebas menggunggah dan mendownload file apapun, terutama yang terbanyak adalah wap Download Mp3.
Namun admin MWB Mr.Arfind tidak memberitahukan alasannya, "yang jelas adalah masalah pribadi" Begitu ungkapanya.

Jadi sekarang ini saya sudah tidak percaya lagi dengan ketangguhan wap/blogbuilder. Saya khawatir jika sudah mengumpulkan file, script, dan beberapa konten yang ada di wap tersebut selama bertahun-tahun hilang percuma begitu saja. Xtgem yang masih tangguh sampai sekarangpun aku jadi meragukannya.Apalagi yang lokalan bikinan anak sekarang.

Pernah saya mau di ajak mengelola wapbuilder dengan bagi hasil, tapi saya tidak mau karna kwatir tidak mampu mempertahankan sampai kapan.Dan setelah saya vakum dari dunia wap dan blog kurang lebih hampir 4 tahun, dan blog saya di blogger ini jadi mati suri, akhirnya blog saya ini aku bangkitkan lagi. Dan saya percaya sepenuhnya bahwa blogger blogspotlah yang pasti sudah tangguh karena produk dari google. Saya fikir selama google masih berdiri, blogger pun tetap berdiri.

Memang sih di Blogger kita tidak sebebas berbagi file atau media seperti di wapbuilder. Karena di blogger punya batasan dengan hak cipta.

20 komentar untuk "Wapbuilder dan Blogbuilder Menurut Saya (Budi)"

  1. Jadi intinya trauma nih sama Wapbuilde blogbuilder..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah, kapok deh...udh capek2 tahunan mengelola wap, ilang gitu aja

      Hapus
    2. Bukan trauma mas Herman, di blog builder baru ga ada vivi² yang lain jadinya malas...😂

      Hapus
    3. Iya sih, blogbuilder yg baru gk ada vivi nya, hihi

      Hapus
    4. Vivi si dapur mwb itu ya..hihihi

      Hapus
    5. Hah inget aja nih, si dapur mwb ,jg guru tk mwb xixi

      Hapus
  2. Kalo aku trauma sih ga, cuma malas aja. Punya blog di nwb tapi jarang dikelola, cuma dapat 10 artikel aja.

    Lebih sering di blogspot, soalnya aku pikir ga bakal tutup karena punya google.

    Di WP juga enak, tapi kalo WP gratis ya ga bisa pasang iklan, kalo mau pasang harus bayar $5/bulan.

    BalasHapus
  3. Dulu pernah ngeblog di xtgem tp ga keurus
    Yang kejaga terus
    Blogspot walau ga bebas tp serius

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...di blogspot memang gak sebebas di wapbuilder, karena di blogger ada aturan yang berkaitan dengan hak cipta. Dan sudah pasti blogspot lebih nyaman karena produk dari google. Jadi di jamin tangguh, karna google merupakan web terbesar di dunia. Dan karya tulis kita gak bakal hilang sia2. Selama menginguti peraturan.

      Hapus
  4. Kayaknya aku dah komen. Tapi, kok dh gak ad yak hihi apa aku salah liat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pas klik publikasikan belum jalan kali sob

      Hapus
  5. Wahh blog tersebut sudah sangat lama banget tuh, sejak saya membuat blog dlu juga sudah ada, tapi karena saya sukanya mendesain blog sendiri jadi buat blog sendiri di blogger aja deh wuehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mujur kmu gan pilih blogspot, saya nyesel deh dulu nunggalun blogspot. Sampai blogku ini mati suri bertahun tahun hihi

      Hapus
  6. Intinya ngeblog dimana saja bisa...cuma kalau untuk blog yang ramai pengunjung yaa pasti milih Blogger, WP ...

    Kalau Blogbluider dan sejenisnya bagus juga, Entah pengaruh zaman atau karena sekarang pengelolanya orang indonesia jadi cepat mudah bangkrut karena modal minim sudah soh ingin jadi penguasa situs atau WAP.😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  7. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Senasib pak. Belajar membuat mobile wap dr th 2006 sia2 😂

    BalasHapus